Monday, December 13, 2010

Sekilas tentang Manufacturing Process

Semangat Pagi.........

Disini saya akan sedikit berbagi informasi tentang manufacturing process yang ada di industri untuk saudara-saudara saya yang masih fress graduate bagi yang experienced lewati saja dan kalau berkenan di share juga pengalamannya.

Manufacturing Process atau proses produksi adalah serangkaian aktivitas yang bertujuan menghasilkan suatu produk yang sesuai dengan standart dan spesifikasi yang telah ditentukan. Proses produksi adalah bagian dari operasional Supply Chain di suatu organisasi.


Manufacturing Process adalah bagian dari operasional Supply Chain di suatu organisasi. Di dalam Manufacturer sendiri juga terdapat beberapa bagian atau departement (Production, Maintenanche, QA, QC, dll) yang saling berkaitan untuk menghasilkan sebuah produk.
Gambar di samping adalah gambaran sederhana suatu Supply Chain di sebuah organisasi.

Yang akan kita bahas pada kesempatan yang lain Manufacturer dari sebuah Supply Chain dan khususnya di bagian Proses produksi atau Manufacturing Process.
Proses produksi memiliki beberapa tools atau perangkat yang bisa digunakan untuk mempermudah suatu aktivitas. Contoh tools yang dimaksud adalah 5S, Six Sigma, IPC, control card, TPM, Safety, Quality Behavior, dll.

0 comments: